Monday 14 July 2014

Tangga Elektrik jadi solusi efektif jangkau ketinggian



Jika kita berada di tengah kota atau di sekitar kota, pasti kita menjumpai banyak sekali gedung-gedung tinggi. Entah itu gedung perkantoran, gedung hotel, gedung rumah sakit, gedung apartemen, atau gedung yang lainnya. Kita pasti bertanya-tanya bagaimana cara karyawannya membersihkan gedung tinggi itu. Setidaknya anda juga pernah lihat bagaimana karayawan yang bekerja membersihkan gedung itu dengan cara bergelantungan di gedung untuk membersihkan kaca gedung seperti orang yang sedang melakukan olahraga repling. Bukankah hal itu berbahaya jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dengan tali yang digunakan? Kemudian siapa yang akan dirugikan jika terjadi sesuatu dengan tali tersebut? Pastinya karyawan yang bekerja membersihkan kaca gedung itu, dan pemilik gedung karena harus mengganti rugi atas keselamatan. Kerugian yang diterima oleh perusahaan pasti berlipat ganda. Jika perusahaan tidak ingin mendapat kerugian ganda, ada solusi efektif menjangkau ketinggian atau membersihkan gedung tinggi itu.
Solusi efektif menjangkau ketinggian atau menjangkau gedung tinggi itu adalah tangga elektrik. Tentu anda sudah tau apa itu tangga elektrik. Bagi anda yang belum tau apa itu tangga elektrik, saya akan memberikan informasinya. Informasi yang saya berikan adalah ada 4 macam tangga elektrik yaituAerial Order Picker, Aerial Work Platform, Scissor Lift Electric Work Platform, dan Boom Lift Work Platform. Dari semua jenis tangga itu, terdapat beberapa macam tingkat ketinggian yang bisa dicapai dari masing-masing type. Mulai dari 2 meter hingga 42 meter. Semua tangga elektrik yang saya sebutkan diatas mempunyai kelebihan yaitu memenuhi standart keamanan dan keselamatan penggunaan, pada setiap platformnya telah dilengkapi rem, alarm, serta tombol kunci otomatis. Dari semua type itu, masing-masing memiliki fungsi.
·         Aerial Order Picker cocok untuk melakukan kegiatan operasional maupun pengambilan barang di rak-rak tinggi secara cepat dan tepat. Ketinggian angkat yang mampu dicapai oleh alat ini yaitu berkisar antara 2 Meter hinggan 3,5 Meter dengan kapasitas yang terbatas pada 200 – 300 Kg.
·         Aerial Work Platform cocok untuk menyelesaikan kegiatan operasional di atas ketinggian, seperti : pembersihan kaca gedung, pembenahan atap, renovasi, dll. Mampu menahan beban 1 ton atau setara 1-2 orang operator saja. Tinngi yang mampu dicapai yaitu berkisar antara 6 meter hingga 12 meter.
·         Scissor Lift Electric Work Platform fungsinya hampir sama dengan jenis tangga elektrik lainnya. Ukuran platform lebih luas mampu mangangkat 1-2 orang sekaligus. Platform dapat dioperasikan naik-turun vertical. Terdapat rem, tombol pemberhentian, dan alarm yang mampu membuat platform akan secara otomatis turun secara perlahan pada saat terjadi kesalahan juga dilengkapi dengan berbagai sensor kemiringan, termasuk sensor pendeteksi beban yang secara otomatis membuat plaform tidak akan naik apabila beban melampaui batas.
·         Boom Lift Work Platform fungsinya sama denga tangga elektrik lainnya. Jika pada saat operator tidak mampu menjangkau ketinggian dengan sudut-sudut tertentu, alat ini dapat dijadikan solusi terbaik dengan kemampuan manuver boomnya yang dapat dengan mudah diputar hingga 360 derajat. Boom dapat diperpanjang, dinaikkan atau diturunkan secara vertical maupun horizontal.
Bukankah tangga elektrik lebih efektif jika digunakan untuk operasi perusahaan ?? jadi. Mengapa tidak memeilih tangga elektrik yang lebih modern ini saja sebagai solusi menjangkau ketinggian??

No comments:

Post a Comment