Tuesday 5 August 2014

Panduan Keselamatan Penting dalam Penggunaan Tangga Elektrik



Setiap mesin pasti difungsikan sesuai tujuan diciptakannya alat itu. Contohnya seperti blender, blender diciptakan untuk menggiling benda yang tidak terlalu keras seperti kacang, buah, bumbu sambal, dan lainnya yang mungkin tidak terlalu keras. Jika blender digunakan untuk menggiling jagung mentah untuk dijadikan tepung, itu akan merusak blender itu sendiri karena tidak difungsikan sebagaimana mestinya. Begitu pula dengan tangga elektrik. Alat angkat ini juga memiliki fungsi sendiri yang sudah dirancang. Meskipun memiliki banyak fungsi seperti untuk membersihkan atau memperbaiki atap, renovasi, membersihkan kaca, mengecat dinding, perbaikan atau pemasangan lampu jalan, pemasangan baliho atau banner, menjangkau sesuatu dari ketinggian, dan masih banyak lagi untuk menjangkau tempat yang tinggi yang tidak bida dicapai secara manual. Dengan berbagai macam fungsi tersebut, tentunya kita tidak boleh mengabaikan apa fungsi utama dari tangga elektrik ini.
Tangga elektrik ini tidak didesain untuk pengangkutan barang, terutama barang berat. Alat ini hanya digunakan  untuk pengangkutan orang. Itu pun hanya untuk 1 atau 2 orang saja. Karena terkadang orang-orang memakainya untuk pengangkutan barang-barang dari ketinggian atau sebaliknya. Sebenarnya boleh, tapi harus tetap mengikuti petunjuk dari penggunaan alat ini. Daya angkat alat ini juga berbeda-beda tergantung jenis variasi dari tangga elektrik itu sendiri. Ada yang memiliki daya angkat 200 kg, 300 kg, sampai 1 ton. Meskipun memiliki batas maksimal daya angkat, namun usahakan beban yang diangkat kurang dari beban maksimal, dan lebih disarankan lagi semakin tinggi beban yang diangkat, berat beban harus kurang dari setengah maksimal daya angkat.
pentingnya safety manual dalam penggunaan dan pemakaian tangga elektrik
 Meskipun Tangga Elektrik ini memiliki standar keamanan yang tinggi, namun tetap jangan abaikan panduan keselamatan yang ada pada buku petunjuk. Karena panduan keselamatan sangat penting dalam penggunaan alat, apalagi jika penggunanya belum profesional. Terdapat beberapa varian tangga elektrik seperti Aerial Order Picker, Work Platform Lift, Scissor Lift Electric,  dan Boom Lift Work Platform. Tentunya dari setiap jenis tangga ini memiliki beberapa keunggulan masing-masing dan memiliki berat beban dan daya angkat masing-masing. Tetap perhatikan panduan keselamatan alat agar aman ketika di gunakan dan awet pemakaiannya. Pastikan memilih Tangga Elektrik yang sudah teruji kwalitasnya agar dapat meningkatkan keefektiv dan keefisienan kegiatan operasi perusahaan anda. baca juga tips perawatan tangga Elektrik.

No comments:

Post a Comment