Wednesday 27 August 2014

Jenis atau macam Lift Untuk Gedung Bertingkat

Tahukah anda jika lift itu memiliki banyak macam atau jenisnya berdasarkan fungsinya. Berikut saya akan memberikan informasi mengenai macam-macam lift.

  1. Lift Penumpang. Berfungsi untuk mengangkut penumpang dan mempunyai bukaan pintu center opening (co) 
  2. Lift Observation. Adalah sama dengan lift penumpang namun pada sisi belakangnya terbuat dari kaca dan ruang luncurnya juga di design dari kaca yang berfungsi untuk menampilkan keindahan design arsitektur dan memberikan kenyamanan penumpang kereta karena dapat melihat tata letak ruang dalam bangunan.
  3. Lift Barang atau biasa disebut Lift Service. Berfungsi untuk mengangkut barang dalam jumlah dan berat yang tertentu dan mempunyai bukaan pintu side opening (so), dalam keadaan darurat atau kebakaran, lift barang harus dapat difungsikan sebagai lift kebakaran 
  4. Lift pasien biasa disebut Lift Bed. Mempunyai bukaan pintu side opening (so) pada 2 (dua) sisi yaitu muka dan belakang (through door) berfungsi untuk mengangkut patient stretcher (brandkar) sehingga diperlukan ukuran ruang kereta sebesar l =1.500 mm d = 2.300 mm.
  5. Lift Automobile. Berfungsi untuk mengangkut kendaraan (mobil) sehingga memerlukan ukuran ruang kereta sampai l =2.750 mm d =6.300 mm tergantung peruntukan jenis mobil yang akan diangkut. Lift ini berkecepatan rendah yaitu 20, 30, 45 mpm dan mempunyai sistem bukaan pintu atas – bawah dengan 2 (dua) atau 3 (tiga) panel pintu.
  6. Lift fire. Dalam keadaan darurat/kebakaran, minimal satu diantara jajaran lift harus dapat dipergunakan untuk evakuasi ataupun transportasi bagi fire brigade. Lift yang berfungsi juga sebagai lift fire adalah lift service atau disebut juga lift barang. Karena kebutuhannya maka dinding ruang luncur, kamar mesin lift, pintu lift dan saluran kabel power harus tahan api selama minimal 1 jam, sedangkan pada lobby lantai dasar didekat lift fire harus dipasang fire man switch untuk keperluan operasional petugas fire brigade. 
  7. Electric Lift. Untuk electric lif ini ada 4 macamnya yaitu Aerial Order Picker, Aerial Work Platform, Scossor Lift, dan Boom Lift.  Electric Lift juga dikenal sebagai perangkat udara yang mengangkat platform kerja yaitu alat mekanis digunakan untuk menyediakan akses sementara bagi orang-orang atau peralatan untuk area yang tidak terjangkau, biasanya pada ketinggian. Electric lift umumnya digunakan untuk pemeliharaan dan pekerjaan konstruksi atau oleh petugas pemadam kebakaran untuk keadaan darurat. Mereka biasanya mampu yang didirikan dan dioperasikan oleh satu orang. alat angkat ini biasa disebut dengan tangga elektrik.
Itu adalah sebagian macam-macam lift. Semoga informasi yang saya berikan bisa bermanfaat untuk anda.

No comments:

Post a Comment